Glitter Photos

Minggu, 07 Desember 2008

Pontianak Menuju Kota Layak Anak

Anak adalah generasi penerus yang wajib dilindungi serta dijaga martabat, kehormatan dan harga dirinya. Baik secara hukum, ekonomi, politik, social dan budaya. Maka dari itu selain orang tua, pemerintah juga berkewajiban menjamin dan memberikan perlindungan kepada anak dan memberikan hak kepada anak agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang serta berprestasi layaknya anak-anak.

Dengan latar belakang tersebut, Pemerintah Kota Pontianak mencanangkan Kota Pontianak sebagai Kota Layak Anak (KLA). Guna menunjang Pontianak sebagai KLA tersebut maka Pemkot membentuk tim pelaksana pengembangan KLA. Sosialisasi tim pelaksana pengembangan KLA dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Pontianak, Selasa (18/11). 
Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, Toni Haryanto. Toni menjabarkan tugas tim pelaksana pengembangan KLA yakni mengkoordinasikan kebijakan dan strategi pelaksanaan Kota Layak Anak. “Selain menyusun mekanisme kerja, mensosialisasikan konsep KLA dan menentukan focus utama kegiatan dalam mewujudkan KLA yang sesuai dengan masalah utama, kebutuhan dan sumberdaya,” jelas Toni.
Toni menambahkan tugas yang diemban oleh tim nantinya juga menyiapkan dan mengusulkan perda dan peraturan kerja yang terkait KLA. Serta melakukan kegiatan monitoring atau evaluasi dan pelaporan secara periodeik kepada Walikota, Gubernur dan Menteri Pemberdayaan Perempuan.
“Sedangkan biaya yang timbul sebagai akibat dari terbentuknya tim ini dibebankan pada APBD Kota Pontianak yang dilokasikan pada SKPD yang terkait dalam keanggotaan tim pelaksana pengembangan model KLA,” lanjut Toni.
Adapun kelompok kerja yang termasuk dalam tim ini antara lain kelompok kerja (Pokja) Kesehatan, pendidikan, perlindungan anak, infrastruktur dan lingkungan hidup. Tim ini dibentuk melalui Surat Keputusan Walikota no. 50/2008. 
Adapun susunan tim sebagaimana tercantum dalamSk tersebut yaitu Walikota Pontianak sebagai pengarah, Sekda sebagai penanggung jawab, ketua tim adalah Asisten administrasi dan pembangunan. Wakil ketua kepala Bappeda, sekretaris kepala bagian pemberdayaan perempuan setda kota Pontianak. Sedangkan anggota berasal dari jajaran dinas di seluruh lingkungan Pemkot Pontianak serta seluruh Camat dan Lurah.


Tidak ada komentar: